Strategi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Madrasah ‘Aliyah Negeri 01 Tulungagung … (54)

April 27, 2012 at 11:18 pm Tinggalkan komentar

Tujuan penelitian ingin mengetahui peluang yang dihadapi oleh Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Tulungagung. Selanjutnya mengetahui dan menganalisa strategi peningkatan mutu/ kualitas pendidikan secara profesional di Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Tulungagung dalam menghadapi era globalisasi dan persaingan lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Disamping itu digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan di lingkungan Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Tulungagung.


Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan explanatory research dengan metode kwalitatif mengingat hasil yang dicapai berupa deskripsi strategi peningkatan mutu / kualitas pendidikan di Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Tulungagung. Daya yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder dengan sumber data beraasal dari Kepala Sekolah, pejabat teras lainnya serta dokumen-dokumen yang sah milik Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Tulungagung dengan yang terkumpul melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan analisa deskriptif dengan analisis SWOT untuk mengetahui pe-luang yang dapat diketahui untuk waktu yang akan datang, disamping memahami semua ke-kuatan, kelemahan, ancaman dan peluang yang dihadapi.

Setelah melalui kajian analisis yang representatif dengan SWOT, maka hasil peneli-tian menyatakan bahwa untuk melakukan optimalisasi peluang bagi Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Tulungagung perlu penjabaran yang luas tentang operasional kebijakan pemerintah yang menjadi dasar pijakan Madrasah ‘Aliyah Negeri 1 Tulungagung. Memanfaatkan kesempatan meraih siswa yang berkualitas dengan prestasi yang telah dicapai sekolah dan tersedianya sarana prasarana yang memadai.

Strategi yang digunakan untuk mengembangkan MAN 1 Tulungagung ini dipakai langkah-langkah sebagai berikut : 1) Melakukan strategi agresif menjemput bola di dalam mendapatkan siswa yang berkualitas, 2) Melakukan strategi keseimbangan antara sekolah dengan mengusahakan keseimbangan antara sekolah dengan siswa dan mengurangi friksi dan menjalin kerja sama yang baik, 3) Melakukan strategi diversifkasi dengan menciptakan jringan kerja antar lembaga sekolah dan lembaga dibawahnya, 4) Menciptakan strategi defensif (pertahanan) terhadap kondisi dalam menghadapi era globalisasi dan persaingan lainnya.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Entry filed under: Manajemen Pendidikan, MSDM. Tags: .

Implementasi Kebijakan Pemerintah Tentang Reposisi Kecamatan ( Studi Di Kecamatan Semen Kabupaten Kediri ) … (47) Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada ….) … (57)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: