Implementasi Strategi Fungsional Bagi Keberhasilan Penerapan Corporate Strategy Pada PT. PLN (Persero) Area Malang … (55)

April 27, 2012 at 11:19 pm Tinggalkan komentar

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk memahami strategi fungsional yang dijalankan oleh perusahaan (PLN Area Malang). 2) Untuk menganalisis pengaruh strategi fungsional terhadap corporate strategy .3) Untuk mengetahui strategi fungsional yang paling dominan mempengaruhi corporate strategy.


Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan explanatory research dengan metode survei (Survey Method) dengan teknik pengambilan sample secara stratified random sampling. Adapun yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah para exekutif yakni para menejer, asmen dan kepala biro. Sebagai variable predictor adalah strategi fungsional dengan sub variable X1 (produksi dan pengembangan), X2 (manajemen biaya modal), X3 (Keselamatan, kesehatan dan lingkungan), X4 Sumber Daya Manusia, X5 (Tehnologi). Sedangkan variable kriterium adalah corporate strategy. Teknik pengambilan data yaitu dengan angket, wawancara, survei dan dokumenter. sedangkan data yang diambil adalah data primer dan data sekunder.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Responden memberikan tanggapan strategi fungsional produksi dan pengembangan, manajemen biaya tinggi, keselamatan, kesehatan dan lingkungan, sumberdaya manusia dan teknologi yang berimplikasi pada corporate strategi di PT PLN (Persero) Area Pelayanan Malang ternyata hasilnya masuk kategori baik, 2) Dari hasil analisis pengaruh, ternyata strategi fungsional memberi pengaruh sangat kuat terhadap corporate strategi . Hal ini dibuktikan dengan analisis R Square: 71.10 %. Sehingga corporate strategi dapat dijelaskan oleh aktifitas strategi fungsional yang terdiri dari sub variable produksi dan pengembangan, manajemen biaya total, keselamatan, kesehatan dan lingkungan, sumberdaya manusia, dan teknologi. Sedangkan besar koefisien multiple korelasi R = .843., 3) Memperhatikan koefisien strategi fungsional masing-masing variabel, maka koefisien strategi fungsional yang berimplikasi terhadap corporate strategi sangat besar, sangat sensitif, dan dapat meningkatkan corporate strategi secara berturut-turut adalah strategi fungsional teknologi (94.90 %), strategi fungsional untuk sumberdaya manusia (90,30 %), strategi fungsional produksi dan pengembangan (52,50 %), sementara untuk strategi fungsional manajemen biaya total (-122,7 %), dan strategi keselamatan, kesehatan dan lingkungan (-95,90 %), memiliki pengaruh negatif. Sehingga PT PLN (persero) Area Pelayanan Malang, dalam mengembangkan corporate strategi ada beberapa kriteria yang dapat dipakai sebagai prinsip dasarnya yaitu: profitabilitas, produktivitas, posisi bersaing, pengembangangan karyawan, hubungan kekaryawanan, kepemimpinan tehnologi, tanggung jawab social.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (BUKAN  pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Entry filed under: MSDM. Tags: .

Pemberdayaan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Untuk Melaksanakan Fungsinya Dalam Penyelenggaraan Otonomi Daerah … (51) Pengaruh Sistem Pengendalian Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial Pada Bank Perkreditan Rakyat Insumo Sumberarto Kediri … (59)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: