Analisis Gaya Kepemimpinan Terhadap Kepuasan Kerja Pada Kantor Kecamatan Balongpanggang Kebupaten Gresik … (21)

April 26, 2012 at 3:09 pm Tinggalkan komentar

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa Struktur Inisiasi (Perilaku Tugas) dan Struktur Konsiderasi (Perilaku Hubungan) yang merupakan variabel-variabel dari gaya kepemimpinan yang sangat penting artinya bagi kepuasan kerja karyawan. Penelitian yang dilakukan pada Kantor Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik Tahun 2005 ini bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh perilaku tugas dan perilaku hubungan terhadap kepuasan kerja karyawan.

Untuk menguji hipotesa penelitian ini menggunakan Analisis Regresi Ganda, Uji-F, Koefisien Determinasi Berganda (R2), Uji-T, Keseluruhan Analisis menggunakan Program Komputer SPSS 10.01
Gaya kepemimpinan yang berkaitan dengan pertama Perilaku Tugas dengan indikator antara lain : Penetapan tujuan yang harus dicapai, prosedur kerja yang harus dilakukan, pembagian tugas dan jadwal tugas, teknik dalam melakukan pekerjaan, batas waktu penyelesaian tugas, laporan hasil pekerjaan, kedua Perilaku Hubungan dengan indikator antara lain : Memberi dukungan moril, memberi motivasi, memberi kesempatan mengutarakan pendapat, menciptakan suasana komunikasi, memperhatikan keluhan yang dirasakan dalam pelaksanaan pekerjaan, melakukan koreksi terhadap hasil kerja, dan yang ketiga variabel kepuasan kerja dengan indikator antara lain : Puas dengan pekerjaannya, puas dengan teman kerja, puas terhadap upah yang diterima (gaji), puas terhadap keamanan lingkungan kerja, puas dengan jaminan keselamatan kerja, puas terhadap kebijakan promosi, puas terhadap pengawasan atasan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signigikan antara perilaku tugas dan perilaku hubungan dengan kepuasan kerja karyawan sebesar 70.2 % terhadap perubahan variabel Y, sedangkan sisanya 29.8 % variabel Y dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Temuan dalam penelitian ini dapat pula dikemukakan diantara variabel yang diteliti, yaitu variabel perilaku tugas 23.9 % menyebabkan peningkatan pada variabel kepuasan kerja karyawan sedangkan variabel hubungan 47.2 % menyebabkan peningkatan pada variabel kepuasan kerja karyawan.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Komparasi Implementasi CAMELS Sehubungan Dengan Kinerja Keuangan Bank Syariah dan Bank … (16) Strategi Pengembangan Bank Syariah Di Kediri (Studi Kasus Di Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Syariah Kediri) … (23)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: