Usulan Sistem Persediaan Cutting Tools Jenis Sfen42zfn Untuk Proses Permesinan Cover Right Crank Case Di Pt Astra Otoparts Divisi Nusametal (TIS-6)

April 25, 2012 at 8:32 am Tinggalkan komentar

Pesatnya perkembangan industri otomotif saat ini menuntut perusahaan untuk terus melakukan inovasi baik dari sisi produk maupun sisi proses. Inovasi proses produksi dibutuhkan agar mampu memproduksi barang secara cepat dengan kualitas yang baik. PT Astra Otoparts divisi Nusametal merupakan salah satu perusahaan yang ikut dalam persaingan tersebut. Setelah sukses dengan bisnisnya dalam bidang die casting, perusahaan ini pun mengembangkan bisnisnya untuk melakukan proses permesinan. Salah satu produk yang diproses yaitu Cover Right Crank Case yang disupply ke PT Astra Honda Motor (AHM). 

Proses  machining  Cover  Right  Crank  Case    menggunakan  12  unit  special purpose  machine  dengan  sistem  one  piece  flow.  Dengan  menggunakan  mesin  dan sistem tersebut,proses permesinan dapat dilakukan dengan cycle time yang kecil karena menggunakan beberapa cutting tools dalam satumesin dan bekerja secara bersamaan dalam satu siklus proses.Jumlah cutting tools yang digunakan adalah 32 unit dengan lifetime yang berbeda beda. Untuk mengontrol life time cutting tools tersebut, PT Astra Otoparts divisi Nusametal menggunakan suatu sistem yang mampu memonitor cutting tools   melalu sebuah   komputer   yang  dihubungkan   dengan   Programmable   Logic Controller  sebagai  penghitung  life  time  masing  masing  cutting  tools.  Pengukuran dilakukan berdasarkan jumlah produk yang telah diproses. Dengan sistem tersebut, akan memudahkan mengontrol life time dari cuttingtools

Menggunakan   sistem  sentral  monitoring  tidak  semata  mata  menyelesaikan masalah   permesinan.   Untuk   menjag proses   produksi   terus   berlangsung,   maka persediaan cuttingtools harus tetap tersedia. Tetapi pihak perusahaan tidak ingin jumlah stok cutting tools berlebih karena akan merugikan perusahaan karena biaya persediaan cutting tools tidak murah.Oleh sebab itu perlu dilakukan perencanaan kebutuhan yang baik agar cutting tools selalu ada saat dibutuhkan tetapi tidak berlebihan di tempat penyimpanan.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Entry filed under: Teknik Industri. Tags: .

Perencanaan persediaan bahan baku hose assy komponen ppc main line unit model pc200-7 menggunakan material requirement planning di hose production pt united tractors tbk (TIS-5) Usulan Penerapan Manajemen Mutu Terpadu (TQM) Pada Lantai Produksi Cv.Abadi Jaya (TIS-7)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: