Optimalisasi Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Jumlah Pengecatan Housing Filter Di P.T.Mulmindo Prapat Bumipersada (TIS-8)

April 25, 2012 at 10:08 am Tinggalkan komentar

Pada dasarnya organisasi industri merupakan salah satu mata rantai dari sistem perekonomian, karena memproduksi dan mendistribusikan produk kepada konsumen. Produksi merupakan fungsi pokok dalam setiap organisasi yang mencakup aktivitas yang bertanggung jawab untuk menciptakan nilai tambah produk berupa output dari setiap organisasi industri, sehingga berproduksi merupakan suatu sisi dari penawaran. Untuk itu, perusahaan harus secara terus menerus mengamati dan memonitor. Proses – proses produksi yang ada agar dapat menjaga suatu kondisi kualitas dari produk itu sendiri sebelum diserahkan kepada konsumen dan sekaligus tidak membiarkan barang yang cacat sampai kepada tangan pelanggan. Dalam situasi persaingan yang amat sangat kompetitif, produk yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan yang dapat diterima dan sekaligus dapat memberikan daya saing yang baik atau tinggi dari perusahaan dibandingkan dengan pesaing.

Pengendalian terhadap aktivitasproses produksi mutlak diperlukan karena pada aktivitas inilah terjadi transformasi dari bahan baku menjadi barang jadi sekaligus merupakansuatu bagian yang memberikanperformansi tinggibagi produk yang dihasilkan.
Kualitas yang baik dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan haruslah mampu memenuhi kriteria-kriteria keinginan pelanggan yang merupakan unsur-unsur kualitas seperti; bentuk, warna, kemasan, ketahanan, kemampuan, ataupun hal-hal lain, dimana apabila produk-produk ini mampu memenuhi kriteria-kriteria ini maka diharapkan konsumen akan memperoleh kepuasan. Dengan tercapainya kepuasan konsumen maka akan menimbulkan suatu tingkat loyalitas dari konsumen dan ini berarti perusahaan telah mampu mengatasi para pesaing. Salah satu perusahaan yang telah melakukan pengendalian kualitasterhadap proses dan produknyaadalah PT. Mulmindo Prapat Bumipersada.
P.T. Mulmindo Prapat Bumipersada awalnyabergerak pada bengkel biasa, tetapi dengan semakin banyaknya order yang diterima, maka tingkat perekonomian semakin meningkat,  sehingga dari bengkel biasa berkembang menjadi pabrikan yang menerima job order dalam kapasitasjumlah yang besar. PT.Mulmindo Prapat Bumipersada didirikan pada akhir tahun1997, dengan luas lahan sebesar6000 m2  , yang berlokasi di daerah kayu besar kapuk kamal no. 48, di jakarta utara.
P.T.Mulmindo Prapat Bumipersada memproduksibarang, bila ada pemesanan dari konsumen (job order). PT.Mulmindo PrapatBumipersada  ini bergerak pada 4 divisi seperti;Divisi metal, seperti : Rumah filter,Divisi karet, seperti : oring,oil seal, Divisi seni besi tempa, seperti : Railling tangga, tralis, balkon dan Divisi dental unit yang memproduksi kursi gigi.

Dalam hal ini yang menjadi perhatian untuk penelitian ini adalah dimana dalam tingkat produksi yang dihasilkan pada mesin pengering pengecatan  oven  rumah  filter  tersebut  tergantung  dari  faktor  temperatur, faktor kecepatan angin, dan faktor waktu.Setiap faktor memegang peranan penting  dalam  menentukan  tingkat  produksi  yang  dihasilkan.  Sehingga apabila terjadi ketidak sesuaiandidalam pengaturan hal-hal ini maka akan menghasilkan produkyang cacat. Dengan demikian menjadi menarik untuk dikaji  lebih  jauh  tentang  pengaturan  ketiga  faktor  ini  terhadap  tingkat produksi  hasil  pengecatan rumah  filter,  guna  menelitimengenai seberapa besar hubungan ketiga faktor tersebutsatu sama lain mempengaruhi tingkat produksi hasil pengecatan dan dicari solusi optimal dari ketiga faktor tersebut terhadap tingkat produksi yang ada.

Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Entry filed under: Teknik Industri. Tags: .

Usulan Penerapan Manajemen Mutu Terpadu (TQM) Pada Lantai Produksi Cv.Abadi Jaya (TIS-7) Contoh Skripsi Teknik Elektro

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: