“Desain Sistem Informasi Mrp( Material Requirement Planning ) Dengan Menggunakan Visual Basic 6.0 Untuk Mencapai Target Produksi Pada Pt. (IK-28)

April 24, 2012 at 12:01 am Tinggalkan komentar

BAB I
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Masalah
Pengendalian terencana dari suatu aktivitas adalah merupakan suatu karakteristik dasar dari industri modern, sebab pada dasarnya pengendalian yang efektif atas manusia, bahan, mesin, dan uang sangatlah penting dalam suatu perusahaan, yang akan mengarah ke perolehan laba. Sejalan dengan perkembangan suatu perusahaan maka akan semakin bertambah pula permasalahan yang dihadapi, dan untuk menghadapi faktor-faktor tersebut haruslah dipertimbangkan suatu sistem perencanaan produksi yang dapat menunjang seluruh aktivitas produksi sebagai salah satu langkah dalam proses pengambilan keputusan.

Berdasarkan pengamatan yang telah dilakukan penulis pada PT. Makmur Jaya Utama terutama yang terkait dengan perencanaan persediaan bahan baku dalam realisasi produksi sesuai dengan target yang telah ditentukan oleh pihak manajemen produksi, ternyata terdapat permasalahan yaitu adanya kesulitan dalam pengadaan bahan baku yang cukup representatif untuk mendukung kelancaran produksi.

P.T Makmur Jaya Utama merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang industri mebel yang dalam melakukan aktivitas produksinya perusahaan ini berproduksi berdasarkan pesanan dari konsumen (Job Order). Sebagai perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan atau perjanjian kontrak, maka hasil produksinya akan selalu mengalami perubahan pada setiap periode, baik jumlah maupun jenis-nya.

Dengan sering terjadinya perubahan rencana produksi pada setiap periode pemesanan serta adanya bahan baku yang didatangkan dari luar perusahaan akan menyebabkan timbulnya masalah dalam hal penanganan material sebagai salah satu faktor yang menunjang aktivitas produksi.

Urutan-urutan produksi yang cukup panjang tersebut menyebabkan waktu untuk pemenuhan kebutuhan serta jumlah bahan baku untuk setiap komponen berbeda-beda menurut ketergantungan jenis komponen. Hal ini menyebabkan timbulnya masalah dalam merencanakan kebutuhan bahan.

Sehubungan dengan itu penulis berpendapat bahwa permasalahan itu rangat representatif untuk diangkat menjadi judul Tugas Akhir, sebagai berikut : “DESAIN SISTEM INFORMASI MRP( Material Requirement Planning ) DENGAN MENGGUNAKAN VISUAL BASIC 6.0 UNTUK MENCAPAI TARGET PRODUKSI PADA PT. MAKMUR JAYA UTAMA SEMARANG”.

Untuk mendapatkan koleksi Judul Tesis Lengkap dan Skripsi Lengkap dalam bentuk file MS-Word, silahkan klik download
Atau klik disini

Entry filed under: Teknik Informatika dan Komputer. Tags: .

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Beralihnya Tenaga Kerja Dari Sektor Pertanian Ke Sektor Non Pertanian (Studi Kasus di Desa Kebonagung Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang) (117) Aplikasi Remote Akses Mig33 Komputer Menggunakan Mobile Phone (IK-36)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: