Desain Dan Pembuatan Program Aplikasi Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Borland Delphi 7.0 Politeknik Negeri Jember (IK-23)

April 24, 2012 at 12:05 am Tinggalkan komentar

I. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di era globalisasi sekarang ini banyak terjadi perkembangan di bidang ilmu pengetahuan, terutama perkembangan di bidang informasi. Bidang informasi mengalami perkembangan yang begitu cepat dikarenakan adanya teknologi yang berkembang sudah semakin maju.

Salah satu bentuk perkembangan teknologi maju adalah komputer. Dengan menggunakan komputer, kita tidak perlu lagi menghitung dan menganalisa data secara manual, selain itu data atau informasi yang diperoleh dari komputer lebih cepat dan akurat. Saat ini hampir seluruh aspek kehidupan manusia mulai menggunakan teknologi komputer yang memang dirasa cukup praktis dan lebih mudah dalam membantu menyelesaikan pekerjaannya, mulai dari bidang pendidikan, industri, jasa, keamanan, sampai bidang hiburan.

Perpustakaan adalah salah satu bentuk usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan di lingkungan masyarakat, sekolah, perguruan tinggi, dan instansi lainnya, dalam dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi, peranan perpustakaan sangat membantu mahasiswa dalam proses belajar ataupun menambah wawasan karena perpustakaan mampu menyediakan berbagai macam buku sebagai wacana yang berhubungan dengan pendidikan. Di perpustakaan, mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya apapun untuk mendapatkan buku yang di inginkan, tetapi harus melalui prosedur yang telah ditetapkan dan ditentukan.

Setiap lembaga pendidikan lazimnya mempunyai perpustakaan demi kelancaran proses balajar mengajar. Namun, tidak semua perpustakaan mempunyai desain program aplikasi yang akurat dan efisien. Politeknik Negeri Jember adalah salah satu contoh perguruan tinggi yang sudah mempunyai desain dan program aplikasi tetapi masih perlu adanya suatu perbaikan program aplikasi mulai dari absensi anggota, katalog buku, proses peminjaman, proses pengembalian, laporan absensi anggota, laporan katalog buku, dan laporan peminjaman pengembalian. Oleh karena itu, penulis membuat suatu desain dan program aplikasi sistem informasi di perpustakaan Politeknik Negeri Jember.

Untuk mendapatkan koleksi Judul Tesis Lengkap dan Skripsi Lengkap dalam bentuk file MS-Word, silahkan klik download
Atau klik disini

Entry filed under: Teknik Informatika dan Komputer. Tags: .

Rancang Bangun Sistem Pengukuran Suhu Ruang Berbasiskan Mikrokontroler AT89C52 (IK-26) Pengembangan Perangkat Lunak Berbasis Web untuk Sistem Informasi Laboratorium Sistem Digital Jurusan Teknik Elektro FT-UGM (IK-21)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: