APARTEMEN DI KEMANGGISAN JAKARTA BARAT KONSEP PERENCANAAN DAN PERANCANGAN (TA-2)

April 24, 2012 at 11:19 am Tinggalkan komentar

Kota Jakarta, ibukota negara sekaligus sebagai pusat ekonomi dan pusat pendidikan di negara kita, memiliki berbagai sarana dan prasarana penunjang kehidupan yang sangat beragam dan lengkap. Banyak warga dari berbagai daerah datang ke Jakarta untuk bekerja, berbisnis maupun untuk mengenyam pendidikan tinggi. 
Akibatnya kebutuhan akan hunian terus meningkat yang berdampak pada semakin padatnya pemukiman yang ada. Salah satu contoh nyata terlihat pada kawasan pemukiman di Kemanggisan, Jakarta Barat yang saat ini sangat padat akibat pembangunan rumah kos untuk para mahasiswa dari luar Jakarta yang kuliah di universitas di sekitar kawasan tersebut. Dampak buruk dari kepadatan ini terlihat pada kualitas ruang pada rumah kos yang buruk akibat dari kurangnya pencahayaan dan pengudaraan alami. Oleh karena itu untuk menjawab kebutuhan akan sebuah ruang hidup yang berkualitas adalah dengan pembangunan apartemen. 
Permasalahan utama yang ditemui adalah mengenai cara untuk mengintegrasikan berbagai kebutuhan penghuni dengan kondisi iklim lingkungan serta mewujudkannya dalam bentuk desain dan struktur bangunan yang kokoh. Isi paper tugas akhir ini akan mencakup analisa manusia untuk mengetahui kegiatan dan kebutuhan ruang calon penghuni; analisa lingkungan untuk membentuk suatu kompleks apartemen yang memiliki ruang luar yang nyaman; dan analisa bangunan untuk mendapatkan luas ruang berdasarkan kebutuhan ruang gerak, mencari bentuk massa dan organisasi ruang yang sesuai iklim, serta mencari modul dan struktur yang sesuai dengan bentuk massa. 
Bangunan apartemen ini dirancang untuk mahasiswa dengan jumlah unit sebanyak 628 unit untuk disewakan, terdiri dari tipe studio, tipe satu kamar dan dua kamar tidur. Apartemen terdiri dari dua blok massa dimana blok massa di depan tapak digunakan untuk pria dan yang di belakang tapak untuk wanita. Penekanan terhadap pemisahan massa bangunan dipertegas dengan penempatan fasilitas olahraga dan rekreasi diantara kedua blok massa yang meliputi lapangan basket, bulutangkis, kolam renang, jogging track, fitness gym, community games room. 
Pada bagian lantai dasar bangunan juga terdapat kantor pengelola dan berbagai kegiatan komersial seperti coffee shop, cafetaria, business center, warnet, apotik. Bangunan apartemen ini dirancang dengan penerapan arsitektur tropis yang menekankan pada pengendalian panas dalam bangunan, terlihat pada perletakkan bangunan dan ruang terhadap orientasi matahari serta penggunaan peneduh matahari pada fasade bangunan. Konsep fasade yang diterapkan menciptakan permainan bayangan dengan maju mundur unit hunian secara acak sehingga terbentuk tampak bangunan yang dinamis. Kata kunci : Apartemen, arsitektur tropis 
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Entry filed under: Teknik Arsitektur. Tags: .

PENERAPAN SISTEM STRUKTUR BENTANG LEBAR DENGAN MENGGUNAKAN SPACE TRUSS PADA BANGUNAN GELANGGANG OLAHRAGA (TA-1) PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS BINA NUSANTARA DI JAKARTA BARAT KONSEP PERENCANAAN DAN PERANCANGAN (TA-3)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: