Analisis Usaha Padi Sawah dengan Menggunakan Urea Tablet Studi di Desa Tisnogambar Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember … (85)

April 18, 2012 at 10:15 am Tinggalkan komentar


Penelitian dilakukan di desa Tisnogambar kecamatan Bangsalsari kabupaten Jember pada bulan Nopember 2005 sampai dengan Maret 2006. Pemilihan lokasi dilakukan secara purposive karena desa Tisnogambar memiliki otensi padi sawah yang cukup besar dan hal ini didukung dengan adanya jaringan irigasi teknnis untuk seluruh lahan sawah.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan besarnya biaya, penerimaan, keuntungan dan tingkat efisiensi antara kelompok petani pengguna urea prill dengan kelompok petani pengguna urea tablet. 

Sampel diambil masing-masing kelompok sebanyak 30 orang secara simple random sampling dari populasi yang ada.
Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut : Biaya total kelompok pengguna urea prill ternyata lebih besar dibanding biaya yang dikeluarkan kelompok pengguna urea tablet, sehingga biaya mencapai Rp 90.000/ha. Produksi kelompok pengguna urea tablet lebih besar daripada produksi yang dihasilkan oleh kelompok pengguna uera Prill. Selisih produksi tersebut mencapai 670 kg gabah per ha. Hal ini akan mempengaruhi adanya perbedaan besarnya apenerimaan. Penerimaan kelompok pengguna urea tablet lebih besar Rp 1.001.800 dibanding penerimaan kelompok pengguna urea Prill. 

Perbedaan ini tidak hanya disebabkan adanya perbedaan produksi, tetapi juga disebabkan oleh perbedaan harga gabah diantara kedua kelompok. Harga gabah yang dihasilkan kelompok pengguna urea tablet lebih mahal Rp 20,- dibanding harga gabah dari kelompok pengguna urea Prill. Hal ini menandakan bahwa mutu gabah yang dihasilkan kelompok pengguna urea tablet lebih baik.
Pada kedua kelompok sampel terdapat perbedaan tingkat efisiensi usaha yaitu efisiensi kelompok pengguna urea tablet ( 1,889 ) lebih besar daripada tingkat efisiensi kelompok pengguna urea Prill ( 1,657 ). 
Dari hasil analisis statistik diperoleh fakta bahwa t hitung < t tabel ( 0,1948 < 2,0 ) untuk dk = 58 dan tingkat kesalahan 5%, sehingga Ho yang menyatakan tidak terdapat perbedaan tingkat efisiensi usaha anata kelompok petani pengguna urea Prill dengan kelompok petani pengguna urea tablet harus diterima. Artinya walaupun pada kasus sampel terjadi perbedaan tingkat efisiensi tetapi hal itu hanya terbatas terjadi pada sampel saja dan hal ini tidak berlaku pada anggota populasi yang lain. Jadi dengan perkataan lain, perbedaan tersebut tidak signifikan. 
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Analisis Kinerja Jalur Pemasaran Dan Prospek Pasar Susu Kambing (Studi di Agriculture Technical Misión Republic of China) (84) “Analisis Nilai Tambah, Efisiensi dan Saluran Pemasaran Agroindustri Emping Melinjo di Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar … (87)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: