Strategi Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan Dan Lahan (GERHAN) Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam Di Kabupaten Tulungagung, … (36)

April 17, 2012 at 12:26 pm Tinggalkan komentar


Tujuan penelitian adalah memahami peran Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GERHAN) dalam menanggulangi bencana lam, serta mengetahui dan menganalisis strategi Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GERHAN) di kabupaten Tulungagung.
Penelitian tentang Kegiatan Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GERHAN) dalam Rangka Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Tulungagung ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang berpengaruh baik secara internal maupun eksternal sebagai dasar penyusunan strategi.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, study pustaka, Checlist dan forum group discussion. Metode analisis kwalitatif dengan alat analisis SWOT untuk menentukan strategi yang dikaji dari kekuatan (Strenght), kelemahan (Weaknnesses) dan peluang (Opportunities), ancaman (Treaths). 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GERHAN), kekuatan dan peluang memiliki nilai positif lebih tinggi dibanding kelemahan dan ancaman. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan dan Lahan (GERHAN) memiliki prospek yang cukup baik dengan penerapan strategi SO dimana strategi ini menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. 
Rumusan strategi tersebut adalah : (1) Mendayagunakan dukungan politik dan dana dari pemerintah pusat agar pencairannya tidak terlambat; (2) Mengusahakan tepatnya lokasi dan cara penanaman bibit, jenis, umur (preferensi masyarakat, agroklimat, kualitas lahan); (3) Membekali / memberdayagunaan para pelaksana dengan Iptek yang tepat; dan (4) Mendayagunakan partisipasi lembaga stakeholder (kelompok tani, LSM, TNI/POLRI, dll.). 
Untuk mendapatkan file lengkap dalam bentuk MS-Word, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File
atau klik disini

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Strategi Pengembangan Usaha Industri Tahu (Studi Kasus Di Kecamatan Rejoso Kabupaten Nganjuk) … (33) Strategi Pengembangan Hutan Rakyat Dalam Rangka Pelaksanaan Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan Dan Lahan Di Kabupaten Blitar … (38)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: