Perencanaan Fondasi Strauss Hotel Gajah …(TS-6)

April 12, 2012 at 12:16 am Tinggalkan komentar

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Sebuah bangunan gedung dituntut dapat digunakan sesuai fungsinya dan mampu bertahan sesuai dengan yang direncanakan, untuk itu gedung tersebut haruslah kuat dan kokoh, dan untuk mendukungnya diperlukan sebuah fondasi yang kuat dan mampu menahan beban struktur diatasny`.

Fondasi merupakan suatu konstruksi pada bagian bawah struktur yang berfungsi untuk menyalurkan beban struktur diatasnya kelapisan tanah pendukungnya yang dapat berupa tanah keras maupun lapisan batuan. Adapun letak lapisan tanah pendukung tersebut mempunyai kondisi tanah yang berbeda dan kedalaman yang bervariasi. Untuk lokasi gedung HOTEL GAJAH MADA memiliki lapisan tanah pendukung berupa tanah lempung padat, ada kerikil sedang dan pasir sedang warna coklat kemerahan dan terletak pada kedalaman 5,20 m dibawah lapisan permukaan tanah.

Setiap tanah yang dibebani pasti akan mengalami penurunan setelah mendapat tekanan dari struktur yang berada diatasnya. Tetapi apabila penurunan tersebut masih dalam batas – batas yang diijinkan maka struktur tersebut masih aman. Untuk tanah yang lapisan tanahnya padat terletak jauh dari permukaan tanah dan bebannya relatif berat, digunakan fondsi dalam antara lain : fondasi tiang pancang, fondasi strouss dan sebagainya.

Dalam perencanaan fondasi perlu diperhatikan aspek – aspek yang berpengaruh antara lain aspek teknis, aspek ekonomis, aspek lingkungan. Aspek teknis merupakan aspek yang berhubungan dengan pelaksanaan. Sedangkan aspek ekonomis yang perlu dipertimbangkan adalah fondasi tersebut ekonomis namun tidak mengurangi mutu yang telah ditetapkan. Adapun aspek lingkungan yang perlu diperhatikan adalah pada waktu pengecoran fondasi yang biasanya dilaksanakan sepanjang hari yang bisa menimbulkan gangguan – gangguan penduduk sekitarnya yaitu kebisingan dan sebagainya.

Untuk mendapatkan koleksi Judul Tesis Lengkap dan Skripsi Lengkap dalam bentuk file MS-Word, silahkan klik download

Atau klik disini

Iklan

Entry filed under: Teknik Sipil.

Pemanfaatan Copper Slag (Limbah Peleburan Tembaga) Sebagai Substitusi Bahan Pengisi Campuran Beton Mutu K-225 …(TS-5) Identifikasi Permasalahan Terminal Penumpang Tipe A Sudirman Kota Sukabumi (TS-7)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

April 2012
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: