PENGARUH TEKANAN TERHADAP KECEPATAN MEMINDAH MATERIAL ACTUATOR MOTOR PNEUMATIK 90 (TM-03)

Juli 19, 2010 at 2:50 am Tinggalkan komentar

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Perkembangan teknologi khususnya dalam bidang industri dewasa ini semakin meningkat. Peningkatan teknologi mendorong manusia untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan yang ada. Fakta telah membuktikan bahwa dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat, orang-orang mulai berlomba-lomba untuk bisa mengemudikan dunia supaya dapat menambah kesejahteraan pada taraf kehidupan manusia. Sekarang ini telah banyak peralatan-peralatan industri yang sudah dilengkapi dengan peralatan yang serba otomatis baik itu peralatan yang bekerja dengan sistem mekanis, elektronis, hidrolis maupun secara pneumatis.

Teknologi pneumatik perlu terus menerus dikuasai agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan industri. Pneumatik berperan penting dalam berbagai proses produksi, misalnya untuk melakukan gerakan mekanik yang selama ini dikerjakan dengan tenaga manusia seperti menggeser, mendorong, mengangkat, menekan, dan lain sebagainya. Gerakan mekanik yang dikerjakan dengan tenaga manusia dapat digantikan oleh komponen- komponen pneumatik, motor pneumatik, robot pneumatik dan lain-lain. Pneumatik juga banyak digunakan dalam bidang produksi terutama pada proses perakitan (manufacturing), elektronika, obat-obatan, makanan, dan lain-lain.

Sistem pneumatik mempunyai peralatan yang sangat sederhana. Hal ini disebabkan karena sistem pneumatik pemindahan energinya menggunakan fluida (udara) sehingga energi itu mudah didapatkan dan mudah pula membuangnya dimana saja tanpa merusak lingkungan sekitar. Sistem kontrol pneumatik mempunyai banyak keunggulan antara lain: mudah diperoleh, bersih dari kotoran dan zat kimia yang merusak, mudah didistribusikan melalui saluran (selang) yang kecil, aman dari bahaya, ledakan dan hubungan singkat, dapat dibebani lebih, tidak peka terhadap perubahan suhu dan lain sebagainya.
Keunggulan sistem pneumatik dimanfaatkan oleh manusia dalam meningkatkan produktivitas. Hal ini diharapkan dapat membantu pekerjaan manusia dalam menjalankan berbagai proses produksi yang ada di industri.
Pada sistem pneumatik elemen-elemen yang ada seperti silinder pneumatik dapat diterapkan pada mesin pemindah barang dengan sistem kontrol elektropneumatik. Dari beberapa pertimbangan di atas maka penulis memilih judul“ Pengaruh Tekanan Terhadap Kecepatan Memindah Material Aktuator Motor Pneumatik 900”

B. Pembatasan Masalah

Penelitian tentang pneumatik pemindah material dengan sistem kontrol elektropneumatik dalam memindahkan material dari satu tempat ke tempat yang lain ini dilakukan dengan mengatur tekanan udara pada Filter Regulator Lubrication (FRL) yang selanjutnya masuk ke dalam rangkaian pneumatik dari tekanan 2,5 kgf/cm2 sampai 5,5 kgf/cm2 dengan selisih pengaturan tekanan 0,5 kgf/cm2. Putaran cekik yang digunakan adalah 1800 atau ½ putaran. Panjang lengan dari titik pusat rotary actuator atau aktuator motor
pneumatik sampai dengan titik pusat pada silinder kerja ganda sebesar 40 cm dengan mengabaikan faktor gesekan dan getaran yang dapat mempengaruhi gerakan masing-masing komponen. Material yang dipindahkan mempunyai beban 0,33 kg dalam bentuk minuman kaleng. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah faktor tekanan berpengaruh terhadap kecepatan aktuator motor pneumatik 900 dalam memindah material dengan beban
tertentu.

C. Permasalahan

Permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Apakah ada pengaruh tekanan terhadap kecepatan pada aktuator motor pneumatik 900 dalam memindah material ?
2. Seberapa besar pengaruh tekanan terhadap kecepatan memindah material aktuator motor pneumatik 900 ?

D. Penegasan Istilah

Ada beberapa istilah dalam judul di atas yang sekiranya perlu dijelaskan lebih lanjut, yaitu:

1. Pengaruh adalah daya yang ada atau timbul dari sesuatu (orang, benda dan sebagainya) yang ikut membentuk watak, kepercayaan atau perbuatan seseorang (Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2002: 849)
2. Tekanan adalah besarnya gaya yang bekerja pada tiap satuan luas penampang (Sardjito, 2000: 36).
3. Kecepatan merupakan vektor yang berhubungan dengan waktu yang diperlukan untuk perpindahan sesuatu benda.
4. Memindah adalah perbuatan yang mengakibatkan sesuatu beralih atau bertukar tempat.
5. Aktuator motor pneumatik (Rotary Actuator) 900 adalah suatu alat

pneumatik yang cara kerjanya berdasarkan silinder penggerak ganda, yang batang toraknya mempunyai profil gigi sehingga gerakan linier diubah menjadi gerakan putar searah atau berlawanan arah jarum jam sebesar 900.

E. Tujuan

Penelitian yang akan dilakukan bertujuan untuk:

1. Mengetahui apakah ada pengaruh tekanan terhadap kecepatan memindah material akuator motor pneumatik 900.
2. Mengetahui seberapa besar pengaruh tekanan terhadap kecepatan memindah material aktuator motor pneumatik 900.

F. Manfaat

Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini oleh peneliti adalah sebagai berikut:
1. Memberikan sumbangan pemikiran dan kreativitas dalam bidang teknologi khususnya dalam bidang pneumatik untuk kemajuan lembaga.
2. Sebagai bahan referensi bagi penelitian sejenis atau penelitian pengembangan lebih maju lagi dimasa mendatang.
3. Menambah pengetahuan dan keahlian praktis bagi peneliti tentang pneumatik khususnya tentang pengaruh tekanan terhadap kecepatan memindah material aktuator motor pneumatik 90

Untuk mendapatkan versi MS-WORD silahkan klik download

Untuk mendapatkan koleksi Judul Tesis Lengkap dan Skripsi Lengkap dalam bentuk file MS-Word, silahkan klik download

Atau klik disini

Iklan

Entry filed under: Teknik Mesin.

PERGESERAN BAHASA JAWA PADA MASYARAKAT WILAYAH PERBATASAN JAWA-SUNDA DALAM RANAH KELUARGA DI LOSARI KABUPATEN BREBES (PBI-1) PERANAN PERILAKU SOSIAL PT “X” SEBAGAI BENTUK PERTANGGUNGJAWABAN SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP LINGKUNGAN SEKITARNYA (AK-31)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Juli 2010
S S R K J S M
« Jun   Agu »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: