STRATEGI RECRUITMEN TENAGA KERJA INDONESIA KE LUAR NEGERI DI … (Studi Kasus Pada Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial Kabupaten …)

Januari 24, 2008 at 2:42 am Tinggalkan komentar

ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam recruitmen tenaga kerja Indonesia ke luar negeri dan menganalisis strategi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial dalam recruitmen tenaga kerja Indonesia ke luar negeri.Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian Deskriptif Kualitatif dengan menyajikan secara jelas pokok-pokok persoalan yang diteliti. Teknik pengumpulan data dengan jalan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah Metode Analisa Kualitatif dengan analisis SWOT.
Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, maka dapat diambil kesimpulan :
1)Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam recruitmen tenaga kerja Indonesia ke luar negeri ada 2 (dua), yaitu faktor internal (Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial), pelaksanaan program recruitmen, produksi, SDM., dan faktor eksternal (ekonomi, politik, sosial budaya dan PJTKI).
2)Strategi recruitmen tenaga kerja Indonesia ke luar negeri yang harus ditempuh adalah strategi Strength-Opportunities (SO) yaitu menggu-nakan kekuatan Dinas dan Perusahaan Jasa TKI untuk membuat peluang yang ada dengan jalan : a) penggunaan cara recruitmen yang baik, b) meningkatkan jumlah calon TKI ke luar negeri, c) meningkatkan mutu calon TKI ke luar negeri.

Entry filed under: Manajemen. Tags: .

STRATEGI PENGEMBANGAN BANK SYARIAH DI … (STUDI KASUS DI PT BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk KANTOR CABANG SYARIAH …) PENGARUH MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI RAWAT INAP PUSKESMAS

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
    Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: