IMPLEMENTASI STRATEGI FUNGSIONAL BAGI KEBERHASILAN PENERAPAN CORPORATE STRATEGY PADA PT. PLN (PERSERO) AREA …

Januari 24, 2008 at 5:59 am Tinggalkan komentar

RINGKASAN
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk memahami strategi fungsional yang dijalankan oleh perusahaan (PLN Area …). 2) Untuk menganalisis pengaruh strategi fungsional terhadap corporate strategy .3) Untuk mengetahui strategi fungsional yang paling dominan mempengaruhi corporate strategyPendekatan dalam penelitian ini menggunakan explanatory research dengan metode survei (Survey Method) dengan teknik pengambilan sample secara stratified random sampling. Adapun yang menjadi sample dalam penelitian ini adalah para exekutif yakni para menejer, asmen dan kepala biro. Sebagai variable predictor adalah strategi fungsional dengan sub variable X1 (produksi dan pengembangan), X2 (manajemen biaya modal), X3 (Keselamatan, kesehatan dan lingkungan), X4 Sumber Daya Manusia, X5 (Tehnologi). Sedangkan variable kriterium adalah corporate strategy. Teknik pengambilan data yaitu dengan angket, wawancara, survei dan dokumenter. sedangkan data yang diambil adalah data primer dan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Responden memberikan tanggapan strategi fungsional produksi dan pengembangan, manajemen biaya tinggi, keselamatan, kesehatan dan lingkungan, sumberdaya manusia dan teknologi yang berimplikasi pada corporate strategi di PT PLN (Persero) Area Pelayanan … ternyata hasilnya masuk kategori baik, 2) Dari hasil analisis pengaruh, ternyata strategi fungsional memberi pengaruh sangat kuat terhadap corporate strategi . Hal ini dibuktikan dengan analisis R Square: 71.10 %. Sehingga corporate strategi dapat dijelaskan oleh aktifitas strategi fungsional yang terdiri dari sub variable produksi dan pengembangan, manajemen biaya total, keselamatan, kesehatan dan lingkungan, sumberdaya manusia, dan teknologi. Sedangkan besar koefisien multiple korelasi R = .843., 3) Memperhatikan koefisien strategi fungsional masing-masing variabel, maka koefisien strategi fungsional yang berimplikasi terhadap corporate strategi sangat besar, sangat sensitif, dan dapat meningkatkan corporate strategi secara berturut-turut adalah strategi fungsional teknologi (94.90 %), strategi fungsional untuk sumberdaya manusia (90,30 %), strategi fungsional produksi dan pengembangan (52,50 %), sementara untuk strategi fungsional manajemen biaya total (-122,7 %), dan strategi keselamatan, kesehatan dan lingkungan (-95,90 %), memiliki pengaruh negatif. Sehingga PT PLN (persero) Area Pelayanan …, dalam mengembangkan corporate strategi ada beberapa kriteria yang dapat dipakai sebagai prinsip dasarnya yaitu: profitabilitas, produktivitas, posisi bersaing, pengembangangan karyawan, hubungan kekaryawanan, kepemimpinan tehnologi, tanggung jawab social.

Entry filed under: Manajemen. Tags: .

ANALISIS FAKTOR KUALITAS JASA YANG BERPENGARUH TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI PT BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk. … Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Berbelanja di Swalayan …… Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
    Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: