Strategi Pengembangan Usaha Industri Tahu di Kecamatan … Kabupaten …

Januari 23, 2008 at 7:19 am Tinggalkan komentar

Visi dari pembangunan pertanian nasional adalah sebagai upaya mewujudkan pertanian yang tangguh, maju dan efisien yang mmepunyai ciri adanya kemampuan dalam menyejahterakan para petani, yang artinya membangun industri petani modern yang berbudaya industri dalam rangka membangun industri yang berbasis pedesaan (agrobisnis dan agroindustri).Adapaun agroindustri yang banyak berkembang di masyarakat adalah usaha industri tahu, seperti yang peneliti terjuni yaitu industri tahu yang ada di kecamatan … kabupaten …, dimana industri ini adalah salah satu industri kecil yang mampu menggerakkan roda perekonomian yang ada di kecamatan ….
Bertitik tolak dari latar belakang tersebut maka penelitian pada industri tahu di kecamatan … kabupaten … bertujuan untuk :
1.Mengetahui sejauh mana pelaksanaan strategi yang diterapkan dalam proses produksi sehingga dapat menjamin kelestarian usahanya.
2.Mengetahui faktor – faktor internal dan eksternal berpengaruh dalam pengembangan industri tahu.
3.Mengetahui kemampuan dari pengusaha tahu di dalam pengembangan pemasaran hasil produk sehingga dapat menambah sumber pendapatan.
Dalam perkembangan industri yang ada ternyata diasumsikan bahwa faktor – faktor strategi sangat berpengaruh besar dalam menjaga kelangsungan hidup usaha industri tahu. Dan dalam penelitian ini jenis penelitiannya adalah metode studi kasus sedangkan populasi yang diambil yaitu semua pengusaha tahu yang ada di kecamatan … yang dianggap mampu untuk berkembang, kemudian teknik analisa yang digunakan yaitu analisa SWOT.
Dari hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa usaha industri tahu yang ada di kecamatan … mempunyai kekuatan dan peluang yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan usahanya. Adapun kekuatanya meliputi : Kesediaan bahan baku,sarana prasarana,teknologi produksi,dan kebijakan pemerintah beserta sumber daya manusia. Sedangkan peluang yang ada meliputi : Lembaga keuangan,masyarakat konsumen,sarana prasarana,dan jumlah penduduk yang besar

Entry filed under: Manajemen Agribisnis, Pertanian. Tags: .

Analisis Daya Saing Komoditas Bawang Merah Di Kabuapaten …. (Tinjauan Keunggulan Komparatif dan Keunggulan Kompetitif di Daerah Sentra Produksi Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Disiplin dan Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada Perusahaan Tenun “Rajin” Lawang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
    Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: