Strategi Pengembangan Tanaman Mindi (Melia azederach L) Dengan Pola Agribisnis Hutan Rakyat (Studi di Kecamatan … Kabupaten …)

Januari 23, 2008 at 7:36 am Tinggalkan komentar

Tanaman Mindi (Melia azedarach L) yang tumbuh liar di lahan tegal dan pekarangan, dan ada yang sengaja ditanam tetapi tidak dipelihara secara intensif, banyak dijumpai di wilayah kecamatan …, kabupaten ..Dengan mengkaji beberapa keunggulan dari tanaman Mindi ini, kiranya dapat dikembangkan sebagai komoditas tanaman kayu-kayuan yang cukup memadai untuk menambah pendapatan petani lahan kering.
Permintaan kayu Mindi sebagai bahan baku industri akhir-akhir ini semakin meningkat, sehingga makin menarik pelaku pasar untuk menjadikan kayu Mindi sebagai komoditas yang perlu diperhitungkan. Menurut data Peredaran Hasil Hutan pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten …, selama tahun 2002 mencapai jumlah 666,311 m3 kayu Mindi telah dikirim dari Kabupaten … ke luar daerah antara lain ke Kabupaten Jepara, Sukoharjo dan Klaten. Dari jumlah tersebut seluruhnya dalam bentuk kayu bulat (logs) dan berasal dari kecamatan …. Tantangan bagi pelaku pasar kayu Mindi yaitu ketersediaan kayu Mindi secara kontinyu, mengingat budidaya tanaman Mindi belum dilakukan secara intensif oleh masyarakat. Di lain pihak instansi terkait (Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Perhutani, dll) belum juga melakukan pembinaan atau penanaman secara intensif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peluang dan tantangan serta kekuatan dan kelemahan dalam pengembangan budidaya tanaman Mindi dengan pola Agribisnis Hutan Rakyat. Selain itu untuk menentukan langkah-langkah yang tepat dalam pengembangan budidaya tanaman Mindi untuk mencukupi kebutuhan bahan baku industri pengolahan kayu dengan mempertimbangkan aspek kelestarian sumberdaya alam.

Entry filed under: Manajemen Agribisnis, Pertanian. Tags: .

Analisis Kelayakan Dan Sensitivitas Usaha Tani Komoditas Manggis, Strategi Pengembangan Agribisnis Benih Padi Berlabel Di Kabupaten …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
    Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: