Strategi Pengelolaan Hutan Dengan Paradigma Community Based Forest Management (CBFM) Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Desa Sekitar Hutan di

Januari 23, 2008 at 7:48 am Tinggalkan komentar

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan LMDH dan strategi yang diterapkan dalam mengelola hutan terhadap peningkatan pendapatan masyarakat desa sekitar hutan.Penelitian dilaksanakan di LMDH …, Desa …, Kecamatan …, Kabupaten …. Metode yang digunakan metode deskriptif dan survey serta menggunakan analisa data secara deskriptif kualitatif dengan analisa SWOT (Strenght, Weaknesses, Opportunities, Threats) .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan LMDH sangat berpengaruh terhadap peningkatan pendapatan masyarakat desa hutan dengan menerapkan strategi pengelolaan hutan yaitu (1) managemen sumberdaya hutan melalui kegiatan pengamanan hutan, penanaman dan pemanenan, pengelolaan areal produksi benih, pembuatan persemaian ; (2) konservasi sumberdaya hutan melalui kegiatan pengelolaan kawasan lindung, agroforestry / social forestry (wanafarma, wanatani), pengelolaan wana wisata. Hasil matrik IFAS dan EFAS menunjukkan skor nilai faktor kekuatan lebih baik dari pada kelemahan (1,72 > 0,80), dan skor nilai faktor peluang lebih baik dari pada ancaman (1,95 > 0,75). Analisa SWOT menunjukkan bahwa strategi SO (Strenght-Opportunities) memiliki nilai skor tertinggi (3,67) dibandingkan dengan strategi WO (2,75), strategi ST (2,47) dan strategi WT (1,52) yaitu menggunakan kekuatan internal untuk memanfaatkan peluang eksternal.

Iklan

Entry filed under: Pertanian.

Analisis Penggunaan Faktor Produksi Pupuk Organik Bokashi Terhadap Produksi dan Pendapatan Usahatani Padi (Studi Kasus di Kecamatan … Kabupaten …) Evaluasi Kebijakan Gerakan Nasional Rehabilitasi Hutan Dan Lahan (GN RHL) DI Kabupaten ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
    Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: