Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Pemuda Pedesaan Terhadap Pemilihan Lapangan Kerja Sektor Pertanian Dan Non Pertanian (Studi di Desa …, Kecamatan …,

Januari 23, 2008 at 7:24 am Tinggalkan komentar

Penelitian ini merupakan metode kuantitatif pada Desa …, Kecamatan …, Kabupaten …, … dengan judul “Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Pemuda Pedesaan Terhadap Pemilihan Lapangan Kerja Sektor Pertanian Dan Non PertanianTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi penduduk Desa …, Kecamatan …, Kabupaten … … dan untuk mengetahui jenis faktor-faktor sosial ekonomi pemuda pedesaan yang mempengaruhi keputusan pemuda untuk memilih lapangan kerja pada pertanian dan non pertanian. Yang terdiri dari tiga variabel yaitu tingkat pendidikan pemuda, luas lahan yang ada dan tingkat pendapatan orang tua dan seluruh anggota keluarga pemuda.
Penelitian ini menggunakan sampel dari populasi penduduk yang berumur 15 – 29 tahun yang termasuk angkatan kerja dan bekerja di sektor pertanian dan non pertanian sebesar 100 responden. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu simpel acak random sempling dan teknik pengumpulan datanya yaitu melalui kuisioner. Sedangkan alat analisis yang digunakan yaitu analisis model probit.
Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa nilai t tabel =1.661 pada  = 0.05 dan kepercayaan sebesar 95%. Disini disimpulkan bahwa t hitung (x1) = 7.368 ; t hitung (x2) = -10.205 dan t hitung (x3) = 2.019, karena variabel x1 dan x2 lebih besar dari t tabel = 1.661 berarti variabel tingkat pendidikan dan tingkat pendapatan orang tua dan seluruh keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap pemuda pedesaan dalam pemilihan lapngan kerja sektor pertanian dan non pertanian sedangkan variabel x2 lebih kecil dari t tabel = 1.661 berarti luas lahan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemuda pedesaan dalam memilih lapangan kerja sektor pertanian dan non pertanian dan ini dilihat dari uji satu sisi kanan. Sedangkan untuk uji satu sisi kiri yaitu untuk f hitung = 69.331 lebih besar dari f tabel = 2.6994. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat pendidikan , luas lahan yang ada dan tingkat pendapatan orang tua dan seluruh keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap pemuda pedesaan terhadap pemilihan lapangan kerja sektor pertanian dan non pertanian. Dengan demikian hipotesis tersebut terbukti.

Iklan

Entry filed under: Manajemen Agribisnis, Pertanian.

Pola Kemitraan Antara Petani Tebu Dengan Pabrik Gula Asembagus (Desa Trigonco Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo Peranan Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Kelompok Tani di Kecamatan … Kota …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
    Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: