Analisis Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Penyuluh Pertanian Pada BIPP-KP Kabupaten …

Januari 3, 2008 at 7:00 am Tinggalkan komentar

Kepuasan kerja Penyuluh Pertanian adalah harapan terpenuhinya kebutuhan hidup untuk kesejahteraannya yang memacu semangat kerjanya, untuk mencapai kepuasan kerja dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu : motivasi, kenaikan pangkat, lingkungan kerja dan pemberian hadiah / reward.
Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui pengaruh faktor motivasi, kenaikan pangkat, lingkungan kerja dan pemberian hadiah / reward terhadap kepuasan kerja Penyuluh Pertanian pada BIPP-KP Kabupaten …. (2) untuk mengetahui satu dari empat faktor diatas yang mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan kerja Penyuluh Pertanian pada BIPP-KP Kabupaten ….
Hipotesis penelitian (1) Diduga ada pengaruh variabel motivasi, kenaikan pangkat, lingkungan kerja dan pemberian hadiah / reward terhadap kepuasan kerja Penyuluh Pertanian pada BIPP-KP Kabupaten …. (2) Diduga variabel kenaikan pangkat mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan kerja Penyuluh Pertanian pada BIPP-KP Kabupaten ….
Penelitian dilakukan pada Penyuluh Pertanian Balai Informasi Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan (BIPP-KP) yang bertempat tinggal menyebar seluruh Kabupaten …, waktunya selama 4 bulan (120 hari) mulai Pebruari 2004 sampai dengan Mei 2004.
Jenis penelitian adalah penelitian sampel untuk pengembangan sikap Penyuluh Pertanian. Metode penelitian kuantitatip dengan metode analisis regresi (Linear Regression Methode).
Jumlah populasi Penyuluh Pertanian se Kabupaten … 150 orang. Sampel ditentukan dengan sampel random atau sampel acak menggunakan rumus Cochran ketemu 49 orang selanjutnya dijadikan responden.
Hasil penelitian analisis faktor – faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja Penyuluh Pertanian pada BIPP-KP Kabupaten … dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa hipotesis pertama :
“ Diduga ada pengaruh variabel motivasi pimpinan, variabel kenaikan pangkat, variabel lingkungan kerja dan variabel pemberian penghargaan / reward terhadap kepuasan kerja Penyuluh Pertanian pada BIPP-KP Kabupaten … “ adalah diterima.
2. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa hipotesis kedua :
“ Diduga variabel kenaikan pangkat mempunyai pengaruh dominan terhadap kepuasan kerja Penyuluh Pertanian pada BIPP-KP Kabupaten … “ adalah diterima.

Iklan

Entry filed under: Manajemen, Manajemen Agribisnis, Pertanian.

Partisipasi Masyarakat Dalam Kegiatan Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Irigasi Trend produksi usaha pupuk enceng gondok di pt. Maharani ….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
    Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


%d blogger menyukai ini: