“Dampak Kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) Terhadap Konsumsi Pangan dan Non Pangan Mahasiswa Universitas … ..

Januari 23, 2008 at 5:27 am Tinggalkan komentar

Kenaikan harga BBM memang merupakan momok bagi Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Muhammad Jusuf Kalla (MJK), karena dengan adanya keputusan untuk menaikkan Bahan Bakar Minyak (BBM) akan melahirkan permasalahan yang komplek bagi semua bidang. Pada tanggal 1 Oktober 2005 Pemerintah resmi memasukkan adanya kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar 50%-80% dengan perincian sebagai berikut Premium Rp.4500,00/liter, Minyak tanah Rp.2500,00/liter, beras Rp. 3000,00/kilogram.Dengan adanya kenaikan harga ini, sebagai gantinya pihak Pemerintah berjanji akan memberikan kompensasi sebesar Rp. 10,5 Trilyun Rupiah untuk rakyat miskin. Dana tersebut akan dialokasikan untuk biaya pendidikan, layanan kesehatan, pembanggunan infrastruktur didesa tertinggal diseluruh Indonesia.
Berdasarkan latar belakang diatas maka data dirumuskan perasalahan yang ada yaitu: Bagaimana Dampak Kenaikan Harga BBM terhadap Konsumsi Pangan dan Non Pangan? sedangkan Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian adalah: Untuk mengetahui dampak kenaikan harga BBM terhadap konsumsi pangan dan konsumsi non pangan.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah diduga dengan adanya kenaikan harga BBM mengakibatkan menurunya tingkat konsumsi pangan dan non pangan mahasiswa.
Penentun lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Pengambilan sampel dilakukan dengan kuota sampling. Adapun data yang dikumpulkan dari sumber data adalah sebagai berikut: Data Primer dan Data Sekunder,
Dari hasil out put terlihat bahwa Mean 70,570 dengan t tabel 1,66 Karena t hitung 8,770 > t tabel 1,66, maka disimpulkan tolak Ho artinya ada perbedaan antara pengeluaran mahasiswa secara statistik pada waktu sebelum dan sesudah kenaikan harga BBM. Hal ini bisa dilihat pada signifikan 0,000 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata antara pengeluaran mahasiswa pada waktu sebelum dan sesudah kenaikan harga Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) ditolak, dengan kata lain bahwa ternyata pada waktu kenaikan harga Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) memberikan dampak terhadap pengeluaran Mahasiswa Universitas … …

About these ads

Entry filed under: Manajemen, Manajemen Agribisnis, Pertanian. Tags: .

Analisa Nilai Tambah Agroindustri Sirup Markisa ( Studi Kasus di Koperasi Peran Serta Masyarakat (KOPERMAS) Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang “Tingkat Adopsi Petani Dalam Program Pola Kemitraan Komoditi Kapas”

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
    Apr »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Most Recent Posts


Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: